WELLCOME TO MY BLOG

di sini lo semua bakal dapat, liat, baca, dan sekaligus menilai coretan tangan dari seorang pendosa mengaku sebagai anak adam yang mungkin buat lo nantinya ya...., sekedar biasa (cuman buat ngisi kekosongan trus iseng nyoret-nyoret ga' penting), lumayan, bagus, jelek, atau jelek banget, ha ha ha... (garing + tengsin). tapi, apalah itu terserah apa yang ada di mind lo semua yang jelas gw secara sadar dan tanpa rasa terpaksa menulis isi di blog ini... SILAHKAN LO BACA APA YANG ADA DI SINI.
tanky bertubi-tubi

Sabtu, 26 Maret 2011

BALADA KAWIN LARI

Ini cerita tentang kakak cwe gw yang bisa dibilang kawin lari mendadak (bukan kawin sambil lari lho!) yah, namanya juga anak gadis. Dia udah kepengen banget kali yah ?. Tapi kalo dipikir-pikir kan, ga’ harus seperti itu. Kan bisa diajak ke rumah, ketemu sama orang tua atau paling ga’ kenalan ama saudara-saudaranyalah. Lah, ini ga’. Katanya sih cwonya jelek tapi kok mau kawin ma tuh orang. Ga’ habis pikir gw!.
Hari sabtu, kakak gw udah ngewanti-wanti gw buat ngerjaen ini ama itu. Waktu gw bilang emang dia mau kemana, eh, katanya dia mau ke Lombok. Gw sempat nahan buat dia berangkatnya besok aja tapi dianya tetap ngekeh pengen berangkat siang itu.
Sehari, dua hari, tiga ampe empat hari di sana ga’ ada kabar sama sekali. Eh, hari kelimanya ada yang bawa kabar tuh orang mau kawin. Pas kabar itu nyampe ke kakak cwe gw yang satunya lagi (kakak gw banyak boo’) langsung deh tu dilaporin ke bokap gw, terang aja bokap gw langsung nelpon dia. Pas ngomong di telpon ama bokap seh, katanya dia ga’ lagi mau kawin, katanya juga kalo besok pagi bakalan balik ke Sumbawa. Tapi ampe besoknya dia ga’ nongol-nongol batang idungnya. Ini juga pas lagi smsan ama gw, dia pake nomor laen. Gw Tanya, dia lagi dimana, jawabnya lagi di Keruak (au deh, tempat itu di mana ) pas gw tanya lagi apa bener dia mau kawin, dia juga bilang ga’. Tapi pas besoknya ada empat orang datang ke rumah pengen ketemu ama bokap. Terang aja kabar yang kemaren datang emang bener. Dia kawin di Lombok.
Laen kakak gw laen juga neh anak satu yang umurnya 15-an tahun, tapi SD tapi centilnya minta ambruk. Namanya Nurmin, meski umurnya segitu tapi masih kelas V SD, kebayang ga’ bego’nya nih anak kayak apa?. Di luar jam sekolah kerjaannya bukan belajar tapi kelayapan ke sana ke mari, ga’ tau siang atau malem pasti kelayapan. Itu di luar jam sekolah, bagaimana kalau di sekolah ?. hahay, setiap ada jam kelas olahraga seragamnya selalu laen dari teman-temannya yang laen. Ga’ cuman nyampe sini doang, setiap ada gru baru yang mask ke sekolah apalagi kalo masih bujang pasti disalamin. Ga’ lewat guru-guru yang laen, temen-temannya, sampai lewat kepala sekolahpun dia nih bocah berani nitip salam. “pak, salamin ya ke pacar saya, itu lho guru baru itu”. Dablek ga’ tuh ?...
Kaitannya dengan kawin lari? Ada dong (gw yang nanya gw juga yang jawab), mungkin karena si Nurmin ini cape’ sekolah, hampir 3 bulan tidak pernah masuk sekolah. Gurunya pun sudah ikut-ikutan capek tentang prilaku nih bocah. Selama rentang waktu itu dia sering bantu-bantu di rumah seorang bapak yang umurnya hampir menginjak kepala enam dan itu berlangsung cukup lama. Sampai saat antara si bapak dan Nurmin ini sama-sama menghilang alias tak lagi terlihat di lingkungan rumah mereka. Selang beberapa waktu kemudian datang kabar bahwa kedua orang yang usianya terlampau beda yang jauh ini berada di Lombok. Sudah bisa ditebak mereka kawin lari. Kini Nurmin sudah hamil menginjak 5 bulan. (dunia makin gila)….
Ada lagi cerita tentang Raihanun, cwe asal Lombok Timur yang sudah lama berpacaran dengan pemuda yang juga tetangga gw. Pacaran mereka sering putus nyambung (BBB kali…). Mungkin mereka udah kebelet banget pengen kawin, akhirnya mereka juga ikut-ikutan menjalankan tradisi kawin lari. Kalau dua kasus di atas kawinnya di Lombok yang ini kejadiannya di Sumbawa, gw juga kebagian menjadi Panitian pernikahan mereka. Apesnya lagi pengen untung tapi malah bunting, ceritanya pas gw lagi ngumpul sama panitia yang laen di rumah pengantin sedang menulis undangan nikahan mereka, lumayan lama di sana, selesai menulis undangan mau pulang, eh, sandal gw ilang, mana sandalnya baru, apes banget gw waktu itu (penyakit ga’ nyambung gw kumat. Maklumin yah?). sekarang, Raihanun dan suaminya sudah punya anak laki-laki yang namanya Ressa (tuh nama gabungan dari nama ortunya (ga’ nyambung lagi kan? Cerita tentang mereka udahan di sini yah!?)
Selain mereka yang di atas ada juga Fitri dan Ojan. Cwe’nya masih sekolah kelas XI dan si cwo’nya udah ga’ sekolah, karena udah sama-sama ngebet jadinya orang tuanya pada ngalah. Udah terlanjur juga, apa boleh buat, mau ga’ mau harus dilanjutin. Fitri terpaksa ga’ bisa lagi lanjut sekolah, mana ada sekolah yang mau menerima murid yang statusnya istri orang.
Masih dengan tema kawin lari kali ini Yeng, cwo’ 27 tahun sarjana ekonomi yang juga pegawai di pemerintahan daerah. Pacarnya Novi 19 tahun mahasiswa yang baru masuk kuliah. Ceritanya si Novi ini pergi dari rumah dengan meninggalkan surat untuk kedua orang tuanya, tapi isi surat itu bukan untuk kawin tapi dia ingin liburan. Yeng sendiri sejak siang sudah pusing ke sana ke mari mencari pinjaman duit, tanpa ada yang terpikir bahwa dia akan kawin lari. Sekitar jam 3 dini hari cwe’nya diajak ke rumah pak kadus dan sudah bisa ditebak, jika sudah ada kasus seperti itu pertanda bahwa orang tersebut KAWIN LARI!.
Ceritanya itu aja yah….

By: dadarguling95@yahoo.com. Mansy. Siroj Priamitra. 11 Februari 2011.
manusaallorya@yahoo.com Mansy. Siroj Priamitra23 Maret 2011, 11.45pm

1 komentar: